knowledge or certainty

Knowledge or Certainty
Pendahuluan
Kalau kita melihat judul di atas tentunya kita dapat mengerti apa arti dari knowledge or certainty yaitu ilmu pengetahuan atau kepastian. Ilmu pengetahuan dibumi ini sangat luas sekali. Dimana ada sesuatu yang menghasilkan atau bertumbuh pasti ada ilmu yang diterapkan. Dari yang mudah sampai yang sulit seperti teknologi abad 21. Contohnya saja ketika kita melihat warung atau restoran yang ramai, pasti kita memikirkan makanan apa? Rasanya seperti apa? Tentu saja ada rahasia atau ilmu bagaimana cara meracik makanan tersebut sehingga diminati banyak orang. Melihat pengacara terkenal di media TV tentu saja kita dapat menafsir bahwa ada pengacara yang mempunyai ilmu tentang hukum yang kuat sehingga disegani.
There is no absolute knowledge. And those who claim it, whether they are scientists or dogmatists, open the door to tragedy. All information is imperfect. We have to treat it with humility. That is the human condition: and that is what quantum physics says (Bronowsky, 1973 : 353) Terjemahan: tidak ada ilmu pengetahuan yang pasti/mutlak. Dan mereka yang menyatakan itu, apakah mereka ilmuan atau orang-orang fanatik, akan membuka pintu permasalahan. Semua informasi itu tidak sempurna. Kita harus memperlakukannya dengan sentuhan kemanusiaan. Itu adalah kondisi manusia; dan itulah yang dikatakan quantum fisika.
Dari kutipan di atas tentu saja akan bertolak belakang dengan apa yang sudah kita kenal dengan ilmu pasti atau matematika. Penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sudah merupakan hal yang lazim atau pasti. Namun demikian bila kita cermati ada saja hal yang memang berbeda dari kenyataan yang seharusnya. Contoh berikut kiranya dapat memberi kita pengetahuan baru tentang apa yang diucapkan bronowsky sebagai sentuhan kemanusiaan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa 10 dibagi 5 adalah 2, namun begitu ada cerita dari papua bahwa angka-angka tersebut bila dirubah menjadi 10 ubi dibagi untuk 5 orang ternyata jawabannya bukan 2, melainkan tergantung besar nya ubi, bila besar 1 orang bisa dapat satu, namun sebaliknya jika ubi nya kecil 1 orang bisa mendapat 3 ubi. Ini membuktikan bahwa tidak ada ilmu pengetahuan yang pasti. Oleh karenanya bronowsky mengemukakan tentang memperlakukan dengan sentuhan kemanusiaan.
Ungkapan yang dikemukakan Brownoski sejalan dengan pikiran Al-Syaibany (1979: 188) yang meyakini bahwa ilmu yang sebenar-benarnya adalah sebaik-baik asas, sesudah iman, agama, dan akhlak, untuk mencapai kemajuan, kekuatan, dan kemakmuran masyarakat baik dalam bidang material maupun spiritual. Ilmu menurut Ghazali dalam Al-Syaibany (1979: 268) adalah apa yang diketahui terbuka luas sehingga tidak ada sedikitpun keraguan padanya, tidak ada kemungkinan salah, dan hati tidak dapat menaksirnya. Sedangkan Khalil masih dalam Al-Syaibany (1979: 268-269) membedakan pengetahuan menjadi pengetahuan biasa (ordinary knowledge) dan pengetahuan ilmiah (scientific knowledge). Pengetahuan biasa adalah sejumlah pengertian, pikiran-pikiran, gambaran, dan persoalan yang diciptakan manusia dalam hidupnya sehari-hari tentang alam luar dimana terkandung wujud-wujud, gerakan-gerakan, dan gejala yang bermacam-macam. Sedangkan pengetahuan ilmiah adalah sejumlah pengertian, prinsip-prinsip, persoalan, dan teori yang dicapai oleh ahli-ahli untuk menafsirkan dan menjelaskan peristiwa di alam ini dan meramalkan peristiwa yang akan terjadi di masa depan dengan tujuan memberi gambaran ilmiah tentang hakikat alam luar.
Ilmu pengetahuan yang baik adalah ilmu pengetahuan yang memberi ketentraman kepada masyarakat, bukan sebagai alat yang akan menjadi pembunuh dan penghancur. Menurut Djamaris (2011 : 102) ilmu pengetahuan mampu membuka rahasia alam yang ada di balik struktur yang tersembunyi.
Wajah seorang laki-laki asal Polandia bernama Stephan Borgrajewick digambarkan oleh seorang perempuan buta yang menjulurkan jari-jarinya ke wajahnya,  seperti seorang yang sudah tua, mempunyai wajah bulat seperti orang kontinental, garis-garis pada wajahnya menunjukan laki-laki tersebut mengalami kehidupan yang sulit. Lukisan itu dibuat oleh seniman Polandia, Feliks Topolski. Belaiu membuat lukisan terkenal tentang pertemuan PBB, dan pada tahun 1947 ia mendapatkan kewarganegaaran Inggris. Apa yang telah dilakukan Topolski hanya merupakan sebuah metode di dalam ilmu pengetahuan.
Wajah dari lukisan Stephan Borgrajewick dilihat oleh beberapa alat terbaik di dunia. Pertama dilihat dengan gelombang elektro magnetic  yang telah dibuktikan oleh James Clerk Maxwell  tahun 1867. Maxwell menyatakan bahwa cahaya adalah suatu gelombang elektro magnetik dan persamaan yang dibuatnya untuk cahaya tersirat bahwa ada hal yang lainnya.

Kemudian wajah Stephan Borgrajewick dilihat melalui gelombang radio yang ditemukan Heinrich Hertz. Namun wajah itu tidak dapat dilihat secara keseluruhan. Selanjutnya wajah laki-laki itu dilihat oelh sebuah kamera yang sensitif terhadap serangkaian radiasi terhadap panjang gelombang yang kurang dari satu millimeter, yaitu sinar infra merah. Akhirnya melalui kerja gelombang dari serangkaian radiasi ini dapat memperlihatkan wajah laki-laki itu yang dikenal sebagai Stephan Borgrajewick.

Para Penemu
Dalam bukunya pada bab 11 ini bronowsky memberikan contoh tentang muka manusia, dan merabanya untuk dikenali dengan alat canggih yang telah ditemukan manusia. Orang-orang yang berjasa atau para penemu yang membuat gemerlapnya dunia ini adalah:
James Clerk Maxwell

James Clerk Maxwell lahir pada 13 Juni 1831 – 5 November 1879 adalah seorang Skotlandia  ahli dalam bidang fisika matematika. Prestasi paling menonjol adalah memformulasikan klasik teori elektromagnetik. Persamaan Maxwell menunjukkan bahwa listrik, magnet dan cahaya semua manifestasi dari fenomena yang sama, yaitu medan elektromagnetik. Selanjutnya, semua hukum klasik atau persamaan dari disiplin ilmu ini menjadi kasus sederhana dari persamaan Maxwell. Prestasi Maxwell tentang elektromagnetisme telah disebut “penyatuan besar kedua dalam fisika”, yang pertama dilakukan oleh Isaac Newton.
Maxwell juga dikenal untuk menyajikan pertama foto berwarna pada tahun 1861.
Maxwell dianggap oleh banyak fisikawan menjadi ilmuwan abad ke-19 memiliki pengaruh terbesar pada abad ke-20 fisika. 

Patung Maxwell di Edinburgh

Heinrich Hertz

Heinrich Rudolf Hertz  lahir pada 22 Februari 1857 – 1 Januari 1894 adalah seorang fisikawan Jerman. Hertz dibedakan dari Maxwell dan Hughes karena ia adalah orang pertama yang meyakinkan membuktikan adanya gelombang elektromagnetik melalui rekayasa  instrumen untuk mengirim dan menerima radio pulsa menggunakan prosedur eksperimental yang mengesampingkan semua fenomena nirkabel lainnya diketahui.  Unit ilmiah frekuensi siklus per detik bernama “hertz “untuk menghormatinya. 

Memorial of Heinrich Hertz pada kampus Institut Teknologi Karlsruhe
Pada 1886-1889, Hertz menerbitkan dua artikel tentang apa yang menjadi dikenal sebagai bidang mekanika kontak. Hertz terkenal karena kontribusinya pada bidang elektrodinamika. Satuan SI hertz (Hz) didirikan untuk menghormatinya oleh IEC pada tahun 1930 untuk frekuensi, sebuah ekspresi dari berapa kali peristiwa berulang terjadi per detik. Hal ini diadopsi oleh CGPM (Conference générale des Poids et mesures) pada tahun 1960, secara resmi mengganti nama sebelumnya, “siklus per detik”(cps).
Pada tahun 1969 (Jerman Timur), sebuah Heinrich Hertz memorial medali dilemparkan. The IEEE Heinrich Hertz Medal, didirikan pada tahun 1987

William Herschel
           
Sir Frederick William Herschel lahir pada 15 November 1738 – 25 Agustus 1822) adalah seorang astronom kelahiran Jerman-Inggris yang juga ahli teknis, dan composer, lahir di Hanover Jerman Herschel mengikuti ayahnya ke Band Militer Hanover, sebelum beremigrasi ke Inggris pada usia 19. Dia menjadi terkenal karena penemuan planet Uranus, bersama dengan dua bulan utama (Titania dan Oberon), dan juga menemukan dua bulan dari Saturnus. Selain itu, ia adalah orang pertama yang menemukan keberadaan radiasi inframerah. Dia juga menulis dua puluh empat  simfoni.
Selain obo, ia memainkan cello dan piano kuno dan kemudian organ. Ia terdiri karya musik banyak, termasuk 24 simfoni dan banyak konserto, serta beberapa musik gereja. Enam dari simfoni nya tercatat pada tahun 2003 oleh Mozart Players London, yang dilakukan oleh Matthias Bamert (Chandos 10048).
                
Naskah Asli Symphony No 15 di E mayor (1762).
Astronomi
Replica di William Herschel Museum, Bath, dari sebuah teleskop mirip dengan dengan yang Herschel menemukan Uranus.
                   
Herschel mirror polisher, dipamerkan dimuseum Sains, London
Survei Sky Jauh

NGC 2.683 merupakan galaksi spiral membuka palang ditemukan oleh William Herschel pada tanggal 5 Februari 1788.
teleskop Herschel

40 kaki (12m) teleskop
Selama karirnya, ia membangun lebih dari empat ratus teleskop. Yang terbesar dan paling terkenal adalah teleskop refleksi dengan 49 1 / 2 inci berdiameter (1,26 m) cermin primer dan 40-kaki (12 m) panjang fokus. Karena reflektifitas miskin cermin spekulum hari itu, Herschel menghilangkan cermin diagonal kecil dari standar reflector newtonian dari desain dan memiringkan cermin primer sehingga ia bisa melihat gambar yang terbentuk secara langsung. Desain ini telah datang untuk disebut teleskop Herschelian. Pada tanggal 28 Agustus 1789, malam pertama pengamatan menggunakan alat ini, ia menemukan bulan baru dari Saturnus. Bulan kedua diikuti dalam bulan pertama pengamatan. “40-kaki teleskop” terbukti sangat rumit, bagaimanapun, dan sebagian besar pengamatannya dilakukan dengan panjang 20-kaki-focal-(47 cm) lebih kecil 18,5 inci (6,1 m) reflektor. Herschel menemukan bahwa lubang teleskop terisi dapat digunakan untuk mendapatkan resolusi sudut tinggi, sesuatu yang menjadi dasar penting untuk pencitraan interferometric dalam astronomi.

William Herschel
Simbol untuk planet Uranus ( ) fitur huruf awal nama ibukota Herschel.

Wilhelm Conrad Rontgen

Wilhelm Conrad Röntgen lahir pada 27 Maret 1845 – 10 Februari 1923 adalah seorang fisikawan Jerman, pada tanggal 8 November 1895, diproduksi dan terdeteksi radiasi elektromagnetik dalam panjang gelombang  sekarang dikenal sebagai sinar-X atau sinar Röntgen, suatu prestasi yang membuatnya mendapatkan yang pertama Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1901.

Kelahiran Roentgen di Remscheid-Lennep
Pada tahun 1874 Röntgen menjadi dosen di Universitas Strassburg. Pada tahun 1875 ia menjadi profesor di Akademi Pertanian di Hohenheim ,Württemberg 

Grave of Wilhelm Röntgen di Alter Friedhof (pemakaman tua) di Gießen

Max Von Laue
         
Max Theodor Felix von Laue  lahir pada 9 Oktober 1879 – 24 April 1960 adalah seorang  fisikawan Jerman yang memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1914 untuk penemuan difraksi dari sinar-X oleh kristal. 

          
Laue pada 1914
Pada tahun 1906, Laue menjadi Privatdozent di Berlin dan asisten Planck. Dia juga bertemu Albert Einstein untuk pertama kalinya, mereka menjadi teman dan Laue melanjutkan untuk berkontribusi pada penerimaan dan pengembangan teori relativitas Einstein. Laue terus menjadi asisten Planck sampai 1909. Di Berlin, dia bekerja pada penerapan entropi bidang radiasi dan pada signifikansi termodinamika koherensi gelombang cahaya

Deutsche Post (der DDR) Briefmarke (perangko), 1979

Carl Friedrich Gauss

.
Johann Carl Friedrich Gauss lahir pada 30 April 1777 – 23 Februari 1855 adalah seorang matematikawan Jerman  dan ilmuan fisik  yang memberikan kontribusi signifikan terhadap banyak bidang, termasuk statistik, analisis, geometri, diferensial, geodesi, geofisika, elektrostatika, astronomi dan optik.

Patung Gauss di tempat kelahirannya,Braunschweig
Carl Friedrich Gauss lahir pada 30 April 1777 di Braunschweig (Brunswick). sekarang bagian dari Lower Saxony, Jerman, sebagai anak miskin.
Bühler menulis bahwa, menurut korespondensi dengan Rudolf Wagner, Gauss tampaknya tidak percaya pada pribadi Tuhan. Dia dikatakan sebagai  deis . Dia lebih jauh menegaskan bahwa meskipun Gauss tegas percaya pada keabadian jiwa dan dalam beberapa jenis kehidupan setelah kematian, itu tidak dengan cara yang bisa ditafsirkan sebagai Kristen. Menurut Dunnington, agama Gauss didasarkan pada pencarian kebenaran. Dia percaya pada “keabadian individualitas spiritual, dalam keabadian pribadi setelah kematian, dalam urutan terakhir dari hal-hal, dalam Tuhan, yang abadi benar, mahatahu dan mahakuasa”. Gauss juga menegakkan toleransi beragama, percaya itu salah untuk mengganggu orang lain yang damai dengan keyakinan mereka sendiri. 

Jerman 10 – Deutsche Mark uang kertas (1993; dihentikan) menampilkan Gauss

Gauss (berusia sekitar 26) di Jerman Timur cap diproduksi pada tahun 1977. 

Max Born

Max Born  lahir pada 11 Desember 1882 – 5 Januari 1970 adalah seorang fisikawan dan matematikawan Jerman-Inggris yang berperan penting dalam perkembangan mekanikan kuantum. Dia juga memberikan kontribusi bagi solid state fisika dan optik dan mengawasi pekerjaan dari sejumlah fisikawan terkenal pada 1920-an dan 30-an. 1954 memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisika.

Werner Heisenberg

Werner Heisenberg Karl  5 Desember 1901- 1 Februari 1976 adalah seorang fisikawan Jerman yang dianugerahi  Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1932 “untuk penciptaan mekanika kuantum “.
Erwin Schrodinger
                               
    
Patung Schrödinger, di arcade halaman bangunan utama, Universitas Wina, Austria
Erwin Rudolf Josef Alexander Schrödinger  (1887 – 4 Januari 1961), adalah seorang fisikawan Austria yang mengembangkan sejumlah hasil mendasar dalam bidang teori kuantum, yang membentuk dasar dari gelombang mekanik.

Johann Friedrich Blumenbach

Johann Friedrich Blumenbach (11 Mei 1752-22 January 1840) adalah seorang dokter, naturalis, fisiologi, dan antropolog Jerman. Dia adalah salah satu orang pertama yang mengeksplorasi studi umat manusia sebagai suatu aspek dari sejarah alam. Johann Friedrich Blumenbach lahir di Gotha, belajar kedokteran di Jena, dan kemudian Gottingen. Dia lulus pada tahun 1775 dengan tesis De generis humani varietate Nativa (Ragam Alam Manusia , Universitas Göttingen, yang pertama kali diterbitkan pada 1775, kemudian diterbitkan kembali dengan perubahan pada halaman judul-tahun 1776). Hal ini dianggap salah satu karya paling berpengaruh dalam pengembangan konsep selanjutnya “ras manusia”.

Blumenbach lima Ras
Blumenbach membagi spesies manusia  menjadi lima ras pada 1779, kemudian mendirikan pada tengkorak penelitian (deskripsi tengkorak manusia) (1793/1795):
Ras Kaukasia atau ras kulit putih.
Ras Mongolia atau kuning.
Ras Malayan atau coklat.
Ras Ethiopia atau hitam.
Ras Amerika atau merah.

Leo Szilard
          
Leo Szilárd (Hungaria 11 Februari 1898 – 30 Mei 1964 Jerman adalah  Hungariafisikawan Amerika dan penemu kandungan reaksi berantai nuklir pada tahun 1933, mematenkan ide reaktor nuklir dengan Enrico Fermi.
Penemu yang mempunyai rasa kemanusian terhadap keberlangsungan umat manusia di bumi. Sebelum di bom Hiroshima dan Nagasaki, Szilard telah berusaha untuk menggagalkannya, ia mengirimkan surat ke Presiden Amerika Roosevelt, begitupun ia meminta Albert Einstein untuk membantunya, tetapi semuanya gagal. Dari kejadian tersebut dia berpaling untuk mempelajari biologi.

Ilmu Pengetahuan atau Kepastian
Dari uraian para penemu di atas, terkandung berbagai macam ilmu pengetahuan. Pengetahuan yang kita dapati sekarang ini merupakan proses panjang dari suatu hal yang diteliti oleh para pakar hingga mencapai kesempurnaan dalam pemikiran. Tentu saja hasil dari pemikiran tersebut mempunyai manfaat yang besar bagi keberlangsungan mahluk hidup. Dalam perkembangannya, kecanggihan teknologi harus diimbangi dengan kemampuan beradaptasi dan kebutuhan pemakai teknologi. Tidak jarang teknologi yang berkembang belum bisa dinikmati masyarakat luas. Kembali kepada tujuan pencipta atau para pakar yang telah berjibaku dalam membuat alat atau mengutarakan pemikiran baru tentang peningkatan manusia, apakah tujuan awal mereka untuk saling menghancurkan, atau membangun peradaban baru?. Bronowski, 1973 : 232 (terj) mengatakan bom atom pertama yang dijatuhkan di Hiroshima Jepang pada 6 Agustus 1945 pada jam 08.15 di pagi hari. Itu adalah sebuah tragedi bagi para ilmuan mengenai penemuan mereka yang digunakan untuk penghancuran. Szilard mengatakan bahwa bom itu adalah tragedi penghancuran manusia. Dikatakan bahwa ilmu pengetahuan itu akan membuat manusia tidak manusiawi. Hal itu betul-betul salah. Ilmu pengetahuan merupakan bentukan ilmu pengetahuan manusia. Kita selalu ingin mencari tahu dan kita berada di garis terdepan untuk mengetahuinya. Ilmu pengetahuan adalah penghargaan dari apa yang dapat kita ketahui walaupun kita berbuat hal yang keliru. Bronowsky (1973 : 374) and that was not done by gas. It was done by arrogance. It was done by dogma. It was done by ignorance.
Kemajuan Teknologi Jepang
www. Jepang.net 11 Maret 2011
Jepang Meluncurkan Hayabusa
Jepang baru saja meresmikan kereta api super cepat mereka yang terbaru, kereta yang mampu melaju 186 mil atau 300 km per jam, kereta yang mereka namakan Hayabusa.
Debut dari kereta Hayabusa menandai investasi tanpa henti ke jalur rel kereta berkecepatan tinggi Shinkansen di Jepang, dengan rencana oleh Central Japan Railway Company untuk menyelesaikan jaringan kereta api terpadu dengan kecepatan lebih dari 300 mil per jam pada tahun2045. Pihak Japan Railway juga ada rencana untuk meluncurkan kereta maglev (kereta yang melaju kencang dengan teknologi magnet, melayang di atas rel) pada tahun 2027. Kereta maglev yang ada saat ini mampu melaju dengan kecepatan 363 mil atau 584 km/jam.
www. jepang. net 24 Mei 2010
Sebuah Robot Menikahkan Pasangan Jepang
Tomohiro Shibata, seorang professor di bidang robotik, resmi menyunting wanita pujaan hatinya, Satoko Inoue, seorang karyawati di sebuah perusahaan robot, dengan I-Fairy sebagai “pendeta” mereka di Tokyo minggukemaren.I-Fairy adalah robot pertama di dunia yang secara resmi menikahkan sepasang pengantin. Tampaknya Jepang semakin lama semakin mendekati kenyataan dengan masa dimana robot akan menyatu dengan kehidupan manusia.
Kesimpulan
Dari makalah yang telah dikemukakan tentang Knowledge and Certainty. Dapat disimpulkan bahwa ilmu pengetahuan mempunyai dua muka yang berbeda atau mempunyai sisi hitam dan putih. Kemana manusia akan melihatnya tergantung dari sudut pandang setiap manusia itu sendiri. Orang yang berpikir positif pasti akan banyak melihat hal positif yang terkandung dari ilmu pengetahuan, begitupun sebaliknya. Dalam menggunakan ilmu pengetahuan hendaknya menyadari bahwa melakukannya untuk kepentingan umat manusia, bukan sebagai alat penghancur atau alat pembunuh masal. Ilmu yang kita pelajari merupakan ilmu putih, tidak ada yang hitam, yang membuat perbedaan adalah manusia yang menggunakan ilmu tersebut kearah yang dianggapnya benar.

Daftar Acuan
Al-Syaibany, Omar Al Taumy. 1979. Falsafatut Tarbiyyah Al Islamiyah. Libya Tunis: Addar Al Arabiyah Lilkitab.
Bronowsky, J,  The Ascent Of Man. Boston, Toronto: Elevent Printing, 1973
Djamaris, Martini. 2011. Filsafat Ilmu Lanjutan (Ilmu, Filsafat, dan Filsafat Ilmu). Jakarta: Kencana
http://. jepang.net
http://en.wikipedia.org/wiki/

Tinggalkan komentar